Sejarah Desa Sonuo


Pada zaman dahulu kala, desa sonuo masih hutan belantara. Menurut cerita orang-orang tua dahulu bahwa yang menumpas hutan belantara untuk di jadikan pemukiman yang selanjutnya menjadi desa yang di namakan desa sonuo, pada waktu itu orang yang tertinggal di desa sonuo 4 orang, ke empat orang itu ada seorang yang pemberani yakni B.Baguna dan berhasil mengusir orang-orang dari luar yaitu suku Mindanao. Suku Mindanao ini ingin mnduduki desa sonuo.

Desa sonuo berasal dari kata sonuo yang berarti orang-orang yang dalam perjalanan hanya berhenti di desa ini karena dihalangi oleh baguna.

Waktu berjalan hingga tahun 1901 maka terpililah seorang sangadi/pemimpin kampung yang bernama  Frets Bangko yang silih berganti masa pemerintahan, hingga kini sangadi di desa sonuo berjumlah 18 sangadi (2009 sampai sekarang) di mulai dari frets bangko sampai dengan Harsono Puasa.

Salah satu desa yang berada di kecamtan bolangitang barat ini memiliki luas wilayah 1.146,5 Ha, dengan jumlah penduduk 1.460 jiwa yang terdiri dari 793 jiwa (laki-laki) dan 667 jiwa (perempuan) dan terdiri dari 372 KK


Write by Refly Hertanto Puasa
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support by : Kakay Gembel | Putry | Zhafif
Copyright © 2011. Seni dan Budaya Bolmong Utara - All Rights Reserved
Template Modifi by Creating Website Published by Zhafif
Proudly powered by Blogger